Ansor Ancab Taman

Ansor Ancab Taman

Sabtu, 19 November 2016

Kisah Dzul Huwaishirah At Tamimi


SOSOK KHAWARIJ YANG PERTAMA

Menurut Ibnu Hazm dalam kitabnya "Al Fashl fil Milal wal Ahwaa" Juz IV Halaman 157 dan As Syahrastani dalam kitabnya "Al Milal wan Nihal" Juz I Halaman 134 bahwa sosok Khawarij yang pertama bernama DZUL HUWAISHIRAH AT TAMIMI, yang memprotes Rasulullah SAW ketika membagikan emas yang belum dibersihkan dari tanah tambangnya. 

Waktu itu yang mendapat bagian : 'Uyainah bin Hishn, Al Aqra' bin Habis, Zaid Al Khoil, 'Alqamah bin 'Ulatsah, dan 'Amir bin Thufail. Seorang Sahabat Nabi sempat mengumpat : "Sejatinya kami lebih berhak menerimanya dari pada mereka itu !" Mendengar komentar komentarnya itu Rasulullah bersabda :

 !!!أﻻ تأمنوني ، و أنا أمين من فى السماء ، يأتيني خبر السماء صباحا و مساء
"Tidakkah kalian mencelaku, padahal aku adalah kepercayaan Dzat yang ada di atas, dan wahyu dari langit datang kepadaku siang dan malam ??"

Tiba-tiba berdirilah seseorang (bernama Dzul Huwaishirah At Tamimi), matanya cekung, pipinya menonjol, dahinya nonong, jenggotnya lebat, kepalanya gundul, dan sarungnya tersampir. 

Dia mengatakan, ‘Wahai Rasulullah, bertaqwalah kepada Allah.’ 

Spontan Rasulullah SAW menjawab dengan sangat marah :

أولست أحق من فى اﻷرض أن يتقي الله ؟؟؟
"Celaka kau, bukankah aku penduduk bumi yang paling bertaqwa kepada Allah ??"

Ketika orang itu pergi, maka Khaid bin Al Walid menawarkan diri, 
"Ya Rasulullah, bolehkah aku penggal lehernya ." Jangan, barangkali dia masih shalat !" 

Kata Khalid, "Betapa banyak orang yang shalat, namun dia mengucapkan dengan lisannya sesuatu yang (sama sekali) tidak ada dalam hatinya !" 

Tukas Rasulullah, "Aku tidak diperintahkan untuk melihat hatinya, dan bukan untuk membedah perutnya !"

Kembali melihat orang itu, beliau bersabda :

إنه يخرج من ضأضإ هذا قوم يتلون كتاب الله رطبا ﻻ يجاوز حناجرهم ، يمرقون من الدين كما يمرق السهم من الرمية ، لئن أدركتهم ﻷقتلنهم قتل ثمود - رواه أحمد ١٠٥٨٥، و البخاري ٤٠٠٤، و مسلم ١٧٦٣.
"Sesungguhnya dari keturunan orang ini akan muncul sekelompok orang membaca kitab Allah di lisannya, namun tidak sampai melewati kerongkongannya. Mereka melesat dari agama sebagaimana panah melesat tembus dari hewan sasaran. Sekiranya aku (panjang umur sehingga bisa) menjumpai mereka, niscaya akan kutumpas mereka sebagaimana hukuman yang dijatuhkan pada kaum Tsamud !" (HR Imam Ahmad 10585, Imam Bukhari 4004, dan Imam Muslim 1763)

Tentang Hadits tersebut, Imam Al Jauzi memberi catatan :

أول الخوارج و أقبحهم حالة ذو الحويصرة التميمي ، و في لفظ أنه قال له : "ويلك ، و من يعدل إذا لم أعدل ، قد خلت وخسرت إذا لم أعدل !!!

Sosok Khawarij yang pertama dan yang paling jelek karakternya adalah DZUL HUWAISHIRAH AT TAMIMI. Dalam teks Hadits lain (disebutkan) bahwa Rasulullah SAW bersabda kepadanya : "Celaka kau, siapa lagi yang berlaku adil jika aku tidak berlaku adil ?" Sungguh engkau benar-benar rugi jika aku tidak berlaku adil !!!".

Lanjut Imam Al Jauzi :

فهذا أول خارجي فى اﻹسﻻم ، و آفته أنه رضي برأي نفسه ، و لو وقف لعلم أنه ﻻ رأي فوق رأي رسول الله ، و أتباع هذا الرجل هم الذين قاتلوا علي بن أبي طالب .


"Itulah (dia : Dzul Huwaishirah) sosok Khawarij dan pemberontak (pelaku makar) yang pertama dalam (sejarah) Islam. Sisi celanya adalah (mutlak-mutlakan) membenarkan pendapatnya sendiri. Sekiranya ia mau diam (tidak ngotot dengan pendapatnya), niscaya ia akan tahu bahwa tidak ada pendapat yang paling benar melebihi pendapat Rasulullah ! Jutru pengikut orang inilah yang melakukan makar terhadap (khalifah yang sah), Ali bin Abi Thalib, (bakan membunuh Khalifah Ali)." (Lihat Kitab "Talbis Iblis", Halaman 90). (Gus Baidlowi Ngelom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar